Sejarah Sate Lilit Berhubungan Dengan Kejantanan Pria

Sejarah Sate Lilit Berhubungan Dengan Kejantanan Pria
Sejarah Sate Lilit Berhubungan Dengan Kejantanan Pria

Maniakqq - Sate lilit merupakan makanan khas Bali. Sebagai kota yang ramai wisatawan, tentunya makanan khas Bali ini sangat viral, bukan hanya di kota Bali saja. Sate lilit juga sangat terkenal di wilayah lain. Namun tahukah kamu mengenai sejarah dan filosofi sate lilit  ini ? Di kota Bali, lilit artinya membungkus. Seperti bentuk sate lilit, yaitu daging yang membungkus pada tusuk sate. Tusuk sate lilit biasanya terbuat dari batang serai atau bambu.

Cairqq - Di Bali, sate lilit ini biasanya menjadi persembahan upacara keagamaan. Dalam acara keagamaan, sate lilit di buat dengan kuantitas yang banyak. Bahkan untuk membuat sate lilit di upacara keagamaan di perlukan tenaga 100 orang pria. Ada fakta unik di balik sate lilit ini, yaitu sate lilit harus di buat oleh kaum pria, tidak boleh wanita. Semua prosesnya benar-benar harus di lakukan oleh pria baik meracik adonan, menyembelih hewan, melilit hingga membakarnya. Sate lilit juga di kaitkan dengan kejantanan pria. Jika ada pria yang tidak pandai membuat sate lilit, maka kejantanannya patut di pertanyakan.

Dulu, sate lilit hanya di buat dengan daging babi dan ikan. Tetapi, di zaman modern ini, sate lilit juga di buat dengan daging babi, sapi dan ayam. Jadi sesuai dengan permintaan konsumen. Daging-daging ini akan di cincang dan di campur dengan parutan kelapa, santan dan bumbu khas Bali. Di Bali, terdapat banyak jenis sate, namun yang sangat unik dan menarik perhatian dunia adalah sate lilit.

1 comment:

Powered by Blogger.